Buku yang mudah dibaca, ringkas tetapi detail ini memberikan pandangan yang jelas dan sederhana tentang landasan teoretis yang mendasari masing-masing dari 40 teknik konseling, dan variasi umum yang dapat digunakan untuk memastikan keberhasilan implementasinya.
Buku ini mengidentifikasi teknik-teknik dari berbagai pendekatan teoretis, diantaranya:
Brief Counseling
Adlerian atau Psikodinamik
Gestalt
Mindfulness
Humanistik – Fenomenologis
Belajar Sosial
Kognitif
Perilaku
Perilaku – Kognitif.
Berbagai transkip dan deskripsi yang menunjukkan langkah demi langkah bagaimana cara mengimplementasikan teknik, hasil akhir penelitian pada setiap teknik yang membantu menentukan teknik-teknik mana yang sering digunakan untuk berbagaipopulasi, dan implikasi multikultural yang membantu pembaca lebih banyak belajar tentang penerapan setiap teknik dan pendekatan untuk konseling klien-klien dari berbagai kultur.
Tambahan dalam edisi baru ini:
1. Bab-bab baru tentang Journaling, Motivational Interviewing dari miller dan Rollnick, Self-Disclosure, Emphatic Confrontation, dan Strength Bombardment
2. Bagian-bagian baru tentang Mindfulness
3. Sejumlah transkip baru yang sudah diedit dan diperluas
4. Pembaharuan isi buku secara menyeluruh
BERPIKIR KRITIS PANDUAN BERARGUMEN MENGANALISI DAN MELAKUKAN STUDI MANDIRI SECARA MENYAKINKAN
Pengarang : Tom Chatfield
Penerbit : Pustaka Pelajar
Cetakan 1, 2020
ISBN 9786232360662
Berat : 850 gram
Buku Pertama Tentang Pemikiran Kritis, Dengan Canggih Memperkenalkan Landasan Pemikiran, Argumentasi, Retorika Bias, Dan Cara Memahami Konsep-konsep Tersebut, Sehingga Kita Sebagai Pembaca, Pembicara, Penulis, dan Penelitian Menjadi Lebih Baik. Chatfield dengan tempat memilih kombinasi penulisan formal dan pembahasan kasual. Menciptakan Perasaan Bahwa Para Pembaca Sedang Mendapatkan Nasihat dari Teman Terpercaya, Pintar, dan Jenaka. – MICHELLE GLATT
HANDBOOK OF QUALITATIF RESEARCH
Pengarang : Norman K Denzin
Penerbit : Pustaka Pelajar
Halaman : xvi +707
ISBN : 978-602-9033-51-9
HANDBOOK OF QUALITATIVE RESEARCH merupakan mahakarya dari berbagai buku
metode penelitian yang ada, baik itu berbahasa Indonesia maupun berbahasa asing. Buku ini
selalu dirujuk, dipelajari dan senantiasa kontekstual serta digunakan dalam literatur kajian
kajian kualitatif
Kehadiran buku ini merupakan hasil dari refleksi dan pengamatan penerbit selama
bertahun-tahun yang melihat bahwa dalam kenyataan dunia perbukuan kita baik itu karya
ilmiah yang berupa skripsi, tesis dan disertasi, maupun buku-buku riset dan terjemahan serta
buku-buku teks kualitatif-buku Handbook ini selalu menjadi salah satu di antara sekian
referensi pustaka yang ada. Oleh karenanya, sebagai komitmen kami untuk tetap berpegang
teguh pada penerbitan buku teks, dengan segala daya upaya, kami menghadirkan buku ini di
hadapan pembaca
Bagian I dari buku ini membahas bidang kajian kualitatif, dimulai dengan sejarah,
disusul dengan tradisi penelitian kualitatif terapan, mengkaji the other “, dan strategi serta etika
penelitian lapangan (field research). Bagian II membahas secara khusus tema yang kita pandang
sebagai paradigma utama historis dan kontemporer yang kini membentuk dan memengaruhi
penelitian kualitatif dalam disiplin ilmu humaniora. Bagian III mengkaji strategi utama metode
penelitian yang dapat dimanfaatkan oleh peneliti dalam penelitian nyata. Persoalan metode
dimulai dengan desain proyek penelitian kualitatif (qualitative research project).
Bagian IV mengkaji metode pengumpulan dan analisis data-data empiris. Pembahasan
pada bagian ini bergerak dari wawancara ke observasi, pemanfaatan artefak, dokumen, dan
catatan masa lalu, rekaman visual, pengalaman pribadi pengolahan data, dan metode-metode
analisis terkomputerisasi, naratif (tuturan), isi, dan semiotik. Bagian V memaparkan seni
interpretasi, meliputi kriteria penilaian terhadap kelayakan data-data kualitatif, proses penaf
siran, teks tertulis, dan penelitian kebijakan serta evaluasi kualitatif. Bagian VI membicarakan
masa depan penelitian kualitatif. Selamat menikmati dan menyelam dunia kualitatif
Konseling Anak-Anak dan Remaja Menghubungkan Teori, Perkembangan, dan Keberagaman
Cetakan I, 2019
ISBN : 978-602-229-992-9
Dimensi 15,5X23,5
Berat 1Kg
Konseling Anak-Anak dan Remaja Menghubungkan Teori, Perkembangan, dan Keberagaman mengulas pendekatan-pendekatan teoritis paling relevan untuk konseling anak-anak. Para penulis Sondra Smith Adcock dan Catherine Tucker telah meletakkan kerangka integrasi yang memfokuskan pada perkembangan dan keberagaman dengan fokus yang unik pada neurosains, otak yang berkembang, dan dampak trauma dan perkembangan masa usia dini.
Fitur-fitur utama :
1. Pembahasan unik dan mudah diikuti mengenai cara sains otak terbaru berhubung dengan konseling anak-anak dan remaja.
2. Memperluas pembahasan tentang perkembangan anak dan remaja yang berkaitan dengan perbedaan-perbedaan penting dalam kelompok usia, fitur yang tidak ditemukan dalam kebanyakan buku.
3. Menyampaikan teori konseling terkini yang berhubungan dengan konselor kaum muda, dengan penekanan pada pendekatan-pendekatan yang didukung secara empiris yang menawarkan pengetahuan dasar yang dibutuhkan mahasiswa untuk persiapan konseling.
4. Latihan terpadu dan ilustrasi kasus terkait dengan konten di dalam setiap bab untuk membantu pemahaman, aplikasi, dan berpikir kritis.
5. Prinsip utama konseling yang terdapat pada akhir tiap bab merangkum konten penting.
Edisi ini memasukkan hal-hal baru, seperti:
1. Dua desain metode campuran – transformatif dan multifase
2. Flowchart-flowchart baru memerinci langkah-langkah yang digunakan dalam melaksanakan masing-masing dari enam desain metode campuran utama.
3. Para penulis memberikan ulasan tentang keputusan pengumpulan data secara lebih mendetail untuk masing-masing dari enam desain utama.
4. Cakupan topik baru meliputi:
– Penggunaan tampilan bersama
– Munculnya pembahasan tentang validitas
– pemikiran terbaru tentang penggunaan perangkat lunak dalam proses analisis metode campuran.
5. Contoh garis besar disertai metode campuran dimasukkan dalam rangkaian panduan untuk melaporkan penelitian metode campuran dalam proposal, disertasi atau artikel jurnal.
6. Berbagai aktivitas dan latihan yang baru dan telah direvisi menyimpulkan setiap bab.
Buku ini ditujukan untuk digunakan dalam Metode Penelitian Intermediat/Tingkat Lanjut, Metode Campuran, Rancangan Penelitian, dan kuliah-kuliah Metode Penelitian Sosial yang mencakup ilmu pengetahuan sosial dan ilmu pengetahuan behavioral.
Psychowriting Menulis Perspektif Psikologi
Cetakan Pertama : Agustus 2020
ISBN : 978-623-236-079-2
Berat : 250
Menulis tentunya bukan hal yang mudah bagi sebagian orang. Namun, menulis juga hal yang mudah bagi
sebagian orang. Sebagaimana kita ketahui bersama, menulis bukanlah bakat. Karena itu, menulis memerlukan ketekunan dan keahlian. Penulis yang handal tentu tidak lepas dari jam terbang yang tinggi. Memang benar pepatah yang mengatakan bahwa proses takkan pernah mengkhianati hasil.
Buku tentang menulis yang diterbitkan di Indonesia sudah berserak, mulai dari menulis yang ditulis oleh pemula,praktisi, akademisi, sampai dengan umum. Jika ditelusur lebih mendalam, selama ini buku tentang menulis yang banyak bermunculan di pasaran toko buku belum menyentuh dunia psikologi (tentunya ini adalah tafsir penulis). Karena itu, buku ini merupakan terobosan dalam memperkenalkan psychowriting pada khalayak akademis ataupun nonakademis.
Buku ini berisikan hal berikut. Pertama, pendahuluan, yang berkait dengan latar belakang munculnya psychowriting. Kedua, psikologi dan psikologi kepribadian, yang berbicara tentang keberkaitan psikologi dan psikologi kepribadian. Ketiga, berbicara tentang psikologi kepribadian dan menulis. Keempat, berbicara tentang psychowriting. Kelima, berbicara tentang asupan gizi dalam menulis. Keenam, psikologi menulis kreatif, berbicara tentang bagaimana menulis kreatif melalui perspektif psikologi. Buku ini tidak akan terbit tanpa bantuan (secara langsung/tidak langsung) berbagai pihak. Karena itu, penulis ucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu terselesaikannya buku ini.
Sejarah Sistem-Sistem Filsafat
Tahun : 2020
ISBN : 978-623-236-108-9
Berat : 1200 gram
Buku ini mencakup karya filsuf dari Yunani Kuno hingga para pemikir abad ke-20. Vergilius Ferm (editor) menyatukan teori dari empat puluh satu filsuf terkemuka dalam tinjauan sistem filosofis yang terorganisir dengan baik. Ditulis oleh para ilmuwan terkenal dibidangnya, menelusuri sejarah sistem filsafat tertentu. Cakupannya global, tidak hanya filsafat Yunani dan Barat, tetapi juga (misalnya) filsafat India, Buddha, China. Esai-esainya sangat bagus, seperti yang diharapkan dari rangkaian nama penulisnya yang sudah terkenal, misalnya: Gordon H. Clark, Henry Veatch, G. Watts Cunningham, Edgar Sheffield Brightman, Roy Wood Sellars, dan lain-lain. Setiap esai menyertakan bibliografi yang bermanfaat dan berfungsi sebagai panduan untuk bacaan lebih lanjut. Secara keseluruhan buku ini menjadi salah satu pengantar terbaik seputar sejarah pemikiran filosofis dan akan menjadi pendamping yang sempurna setiap mahasiswa filsafat yang serius.
Studi Kasus Psikopatologi Anak Dan Remaja (Edisi Keempat)
Tahun : 2020
ISBN : 978-623-236-082-2
Berat : 1200 gram
PSIKOPATOLOGIANAK DAN REMAJA mudah dibaca dan dipahami. Buku ini menyajikan pembahasan konseptualisasi kasus yang tidak banyak ditemukan di buku lain. Selain itu juga menyajikan pembahasan berbagai faktor yang bisa memberikan dampak pada studi kasus.-Wendy K. Killam, Stephen F.Austin State University
Buku ini memungkinkan para mahasiswa mempelajari DSM dalam semua teknikalitasnya, tetapi menyajikan kepraktisan asesmen pemodelan (pengumpulan informasi) dan diagnosis (pengambilan keputusan klinis) dalam- kasus kasus yang realistis dan kontemporer.- Jeffrey M. Smith, Creighton University
PSIKOPATOLOGI ANAK DAN REMAJA: Studi Kasus menyajikan 25 kasus kehidupan nyata untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada para mahasiswa mengenai berbagai gangguan dalam konteks DSM-5. Karena menggali kasus-kasus yang rumit, para mahasiswa dapat belajar menggabungkan teori ke dalam asesmen dan Eintervensi berbasis riset. Setiap kasus memberikan peluang-peluang untuk mempraktikkan keteramplan klinis dalam asesmen, diagnosis dan perawatan berbagai gangguan anak- anak dari sejumlah perspektif teoretis dan pada berbagai level kepentingan dan keahlian. Dengan merefileksikan perkembangan-perkembangan terbaru dalam bidang ini, buku ini menyajkan studi kasus baru tentang fobia sosial/gangguan kecemasan sosial, pertanyaan- pertanyaan pasca-kasus tambahan dan bab pengantar yang lebih diperluas untukmembahas berbagai kecenderungan dalam perumusan kasus.